Posted April 18, 2013 by admin in Uncategorized

Seminar Nasional Material 2013 : Mempertemukan Para Peneliti Material di Seluruh Indonesia

Bandung, fmipa.itb.ac.id. Sabtu, (16/02/2013). Perkembangan teknologi material saat ini sangat berkembang cepat dalam berbagai aspek kehidupan manusia, dari teknologi kedokteran, elektronika, perminyakan, dan banyak aspek yang lain, sehingga berdampak luar biasa. Karena itu negara-negara maju berlomba-lomba mengalokasikan dana untuk berinvestasi mengembangkan teknologi material. Sejumlah terobosan yang penting terjadi di dalam teknologi material diharapkan dapat muncul, selain untuk memperluas wawasan dan memperdalam pemahaman manusia, juga yang paling penting adalah manfaat untuk hajat hidup orang banyak.

Seminar SNM 2013 ini diselenggarakan oleh Kelompok Keilmuan (KK) Fisika Material Elektronik FMIPA-ITB, dengan mengusung tema: “Kontribusi Penelitian Material dan Aplikasinya untuk Menjawab Kebutuhan Masyarakat, Industri, dan Kemajuan Bangsa”. Bidang cakupannya adalah material elektronik, material magnetik, material optik , material katalis, nanomaterial, komputasi material, serta material dan aplikasinya sebagai sumber energi, kesehatan, dan lingkungan.

Acara ini dibuka dengan sambutan dari dekan FMIPA ITB, Prof. Dr.rer.nat Umar Fauzi yang menyatakan antusiasmenya terhadap acara seminar ini. Prof. Dr. Toto Winata, Ketua KK Fisika Material Elektronik, dalam sambutannya turut mengungkapkan apresiasinya atas terselenggaranya acara ini, “SNM 2013 merupakan seminar nasional yang kedua dan untuk kedepannya diharapkan menjadi seminar dengan taraf internasional sehingga bisa menjadi tempat bertukar informasi/ ilmu atau perkembangan teknologi material terkini dari peneliti-peneliti di seluruh penjuru dunia”.

Dr.Eng. Muhammad Miftahul Munir  (Fisika ITB) dengan materi mengenai “ Sintesis material nanofiberdengan elektrospinning dan aplikasinya” bertindak sebagai pembicara tamu. Beliau memaparkan, “Nanofiber mempunyai aplikasi yang sangat luas, meliputi : komponen organ buatan, teknik jaringan, bahan implan, dressing luka, bahan tekstil medis, filter ULPA, udara, minyak, filter bahan bakar untuk otomotif, filter untuk minuman, farmasi, sel membran bahan bakar, dye-sensitized solar sel dan yang lainnya”. Kemudian beberapa pembicara memaparkan hasil penelitian mereka sampai acara ini ditutup pada pukul 13.00, dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan pembagian sertifikat. (a_rohiman)

Diambil dari http://www.fmipa.itb.ac.id/?p=137


admin